Wednesday, 19 October 2011

Chan's Megastick, Serangga terpanjang di dunia

SERANGGA terpanjang di dunia ternyata ditemukan di Pulau Kalimantan. Serangga berbentuk batang ini ditetapkan sebagai serangga terpanjang di dunia oleh ilmuwan asal Inggris.

Spesimen tersebut ditemukan oleh warga setempat dan diteliti oleh naturalis amatir Malaysia, Datuk Chan Chew Lun. Serangga unik ini kemudian diberi nama Phobaeticus Chani atau Chan’s megastick.
Paul Brock dari Natural History Museum di London mengatakan bahwa ini adalah jenis serangga terpanjang yang pernah ditemukan selama ini. Bentuknya menyerupai pensil kurus dari bambu, panjangnya sekitar 22 inchi, dan panjang tubuh sekitar 14 inchi.
Apakah kehebatan serangga itu? Serangga ini punya kemampuan untuk berkamuflase untuk membela diri. Selain itu, dia juga bakal menyemprotkan cairan beracun untuk melawan predatornya.

Phobaeticus chani terpilih sebagai salah satu dari "The Top 10 New Species" yang dijelaskan pada tahun 2008 oleh Lembaga Internasional untuk Spesies Eksplorasi di Arizona State University dan komite internasional taksonomis.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...