Sunday, 20 November 2011

Segalanya Tentang Uban


Uban adalah rambut yang berubah warna menjadi abu-abu kemudian putih. Rambut asli orang Indonesia pada umumnya memiliki warna hitam atau gelap karena memiliki kandungan kadar melanin yang lebih tinggi. Saat rambut berubah menjadi putih dan menjadi uban, terjadi proses perubahan kadar melanin. Pada uban yang berwarna putih melanin tidak lagi diproduksi, sehingga rambut baru tumbuh tanpa mendapatkan pewarnaan dari melanin.

Timbulnya uban biasanya terkait dengan usia dan kemampuan tubuh untuk memproduksi melanin, sehingga biasanya uban mulai timbul pada usia 40 tahun ke atas. Akan tetapi uban dapat muncul pada usia lebih muda karena adanya faktor genetis.





Tips dan Cara Membasmi Uban
Jangan heran jika agan masih muda namun rambut dikepala agan sudah di tumbuhi oleh uban. Uban tak hanya tumbuh pada orang tua saja, namun orang yang masih muda juga memungkinkan tumbuhnya uban. Sebenarnya ada beberapa faktor atau penyebab tumbuhnya uban, antara lain Tubuh yang kekurangan vitamin B dan zat besi, Faktor Genetik, Gaya hidup yang tidak sehat, Asap rokok dan polusi, dll.

Nah, bagi agan yang ingin menghilangkan uban, sobat dapat mengikuti tips berikut ini:

- Makanlah makanan yang bergizi
Agan dapat makan sayur-sayuran hijau, merah dan kuning, pada sayuran banyak mengandung vitamin A yang membuat rambut semakin sehat, bernutrisi, kuat dari ancaman kerapuhan dan pengurangan pigmen.

- Hindari mewarnai rambut berkali-kali
Jika agan sering mewarnai rambut, maka mulai sekarang kurangilah. Sebab bahan kimiawi yang terkandung pada produk pewarna rambur dapat mengabitkan kematian pada pigmen rambut. Namun, jika agan ingin mewarnai rambut, sebaiknya sobat memilih pewarrna rambut yang alami.

- Tambah mineral yang esensial bagi rambut
Misalnya agan dapat menggunakan zinc, zat besi dan cooper yang banyak terdapat pada daging, ayam, sayuran, telur, biji-bijian dan sea food.

- Hindari stress berlebihan!!
Konon stress dapat memicu bertambahnya uban! Coba sobat relaksasi sejenak dan selalu berfikir positif.

- Dengan Biji Pepaya
Berikut proses pembuatan biji pepaya untuk menghilangkan uban :
1. Jangan buang biji pepaya, bersihkan
2. Sangrai (goreng tanpa minyak) biji 1 buah papaya
3. Tumbuk halus kemudian campur dengan minyak kelapa secukupnya
4. Oleskan ramuan itu pada seluruh rambut dan kulit kepala
5. Bungkus rambut dengan handuk, biarlkan selama 2 jam
6. Bilas rambut hingga bersih

Lakukan 1 minggu sekali sampai dengan 3 bulan, umumnya uban akan tertutup dan uban Anda akan hitam kembali. 





Cara Alami Lain Untuk Mengatasi Uban
- Agan cukup memanaskan 3-4 sendok makan minyak kelapa (tergantung panjang rambut anda).

- Tuangkan beberapa tetes perasan lemon kedalam wadah yang telah berisi minyak kelapa tadi.

- Pijat-pijat kulit kepala anda dengan campuran lemon dan minyak kelapa tadi hingga merata.

- Setelah itu diamkan campuran tersebut selama 90 menit setelah itu bersihkan rambut anda dengan shampo

- Lakukan perawatan ini setiap hari untuk hasil maksimal.





Dan ini buat yang males ribet, ada solusinya loh :
Ditemukan Pil Penangkal Uban
Diklaim bisa mempertahankan warna rambut selama mungkin.

VIVAnews - Rambut yang memutih seiring bertambahnya usia, merupakan hal yang wajar. Namun, banyak orang yang menutupinya dengan cat rambut demi terlihat awet muda. Selain cat rambut, ada satu lagi cara yang bisa ditempuh demi mempertahankan warna rambut agar tak memutih.

Yaitu, dengan mengonsumsi pil penangkal uban yang bentuknya seperti vitamin. Diproduksi oleh produsen produk penataan dan perawatan rambut, L’Oreal, pil ini diklaim bisa mempertahankan warna rambut selama mungkin. 

Dengan berbahan ekstrak buah yang dirahasiakan, menurut Bruno Bernard, kepala biologis rambut L'Oreal, pil ini aman untuk dikonsumsi setiap hari.
"Idealnya, Anda bisa mengonsumsinya selama hidup. Tapi secara realistis kami menyarankan untuk dikonsumsi sebelum rambut memutih. Itu karena pil ini tak bisa mengembalikan warna rambut jika sudah muncul uban," katanya seperti dikutip dari Daily Mail.

Diciptakannya pil ini tak lepas dari fakta bahwa banyak orang yang mewarnai rambutnya hanya demi menutupi uban. Menurut data dari L'Oreal antara 2008 hingga 2010 lalu, terjadi peningkatan jumlah pria yang mengunjungi salon untuk menutup uban dengan mewarnai rambut sebesar 50 persen.

Artinya, makin banyak orang yang sengaja untuk menutupi uban yang memang muncul secara alami. Uban biasanya mulai tumbh ketika memasuki usia 30-an. Saat itu sel rambut manusia mulai melewati proses yang disebut stres oksidatif. 

Hal ini membuat rambut lebih rentan terhadap racun. Pil ini berfungsi melakukan perlindungan terhadap sel rambut saat melalui proses ini.

Menurut tim peneliti, sel-sel pigmen rambut mati seiiring bertambahnya usia karena kurangnya enzim pelindung yang disebut tyrosinase-related protein 2 (TRP-2). Mereka mengganggap, daripada menciptakan obat sintetis untuk meniru TRP-2, lebih baik mencari senyawa alami yang mirip.

Melalui penelitian selama lebih dari 10 tahun, senyawa yang mirip dengan TRP-2 itu, ditemukan dalam buah yang tidak disebutkan namanya itu. Dan, pil yang berisi senyawa tersebut saat ini masih dalam proses produksi dan belum dipasarkan. Anda tertarik untuk mengonsumsinya?

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...