Sunday, 20 November 2011

Sejarah Nama-nama Perusahaan Terkenal

1. APPLE COMPUTERS
Apel adalah buah favorit si empunya, Steve Jobs. Saat itu sudah terlambat tiga bulan untuk mengajukan nama perusahaan, dan ia mengancam akan menyebut perusahaannya Apple Computers jika rekan-rekan lainnya tidak mengajukan nama yang lebih baik sebelum jam lima.

2. CISCO

Sebenarnya bukan sebuah akronim seperti yang dibicarakan. Nama ini merupakan kependekan dari Francisco.

3. COMPAQ

Nama ini dibentuk dari kata COMP, untuk komputer, dan PAQ, untuk merujuk pada objek integral kecil.

4. COREL

Nama ini diambil dari nama pendirinya, Dr. Michael Cowpland. Ini adalah singkatan dari COwpland Research Laboratory.

5. GOOGLE

Nama ini bermula dari sebuah lelucon tentang jumlah informasi yang bisa mesin pencari tersebut dapatkan. Awalnya perusahaan ini bernama 'Googol', sebuah kata yang berarti angka 1 diikuti 100 angka nol. Setelah penemunya, Serget Brin dan Larry Page lulus dari Stanford, mereka mempresentasikan proyeknya pada investor, mereka lalu menerima cek yang dibuat untuk Google.

6. HOTMAIL

Pendirinya, Jack Smith mendapatkan ide untuk mengakses email web dengan komputer dari mana saja di dunia. Ketika Sabeer Bhatia muncul dengan rencana isnis untuk meil service, dia mencoba semua nama berakhir dengan 'mail' dan akhirnya ia memilih hotmail yang mana terdapat di huruf html, bahasa pemorgraman untuk halaman web. Sebenarnya merujuk pada HoTMaiL dengan uppercase selektif.

7. HEWLETT PACKARD

Bill Hewlett dan Dave Packard melempar koin untuk menentukan apakah perusahaan yang mereka dirikan akan disebut Hewlett-Packard atau Packard-Hewlett.

8. INTEL

Bob Noyce dan Gordon Moore ingin nama perusahaan baru mereka 'Moore Noyce', sayangnya nama itu sudah merupakan merek dagang sebuah jaringan hotel sehingga mereka harus puas dengan sebuah akronim dari INTegrated ELectronics.

9. LOTUS (NOTES)

Micth Kapoor mendapatkan nama perusahaannya dari 'The Lotus Position' atau 'Padmasana'. Kapoor biasa mengajar di Transcendental Meditation of Maharishi Mahesh Yogi.

10. MICROSOFT

Diciptakan Bill Gates untuk mewakili perusahaan bernama MICROcomputer SOFTware. Awalnya ditulis Micro-Soft, lalu tanda '-' dihilangkan.

11. MOTOROLA

Pendir
inya, Paul Galvin datang dengan nama ini ketika perusahaannya mulai memproduksi radio untuk mobil. Perusahaan radio yang populer pada waktu itu disebut Victrola. 

12. ORACLE

Larry Ellison dan Bob Oats bekerja pada proyek konsultan untuk CIA (Central Intelligence Agency). Nama kode untuk proyek ini disebut Oracle (CIA menganggap ini sebagai sistem yang menjawab semua pertanyaan dan sebagainya). Proyek ini dirancang untuk membantu menggunakan kode SQL yang baru yang ditulis oleh IBM. Akhirnya proyek ini dihentikan, namun Larry dan Bob memutuskan untuk menyelesaikan apa yang mereka mulai dan membawanya ke dunia internasional. Mereka menggunakan nama Oracle dan membuat mesin RDBMS. Kemudian mereka tetap menggunakan nama yang sama untuk perusahaan.

13. SONY

Berasal dari kata Latin 'sonus' artinya suara, dan 'sonny' adalah kata slang yang digunakan oleh orang Amerika untuk merujuk kepada anak yang cerdas.

14. SUN

Didirikan oleh 4 pelajar Stanford University, SUN merupakan akronim dari Stanford University Network. Andreas Bechtolsheim membangun sebuah microcomputer; Vinod Khosla merekrut dia dan Scott McNealy membuat komputer yang berbasis di atasnya, dan Bill Joy untuk mengembangkan sebuah OS berbasis UNIX untuk komputer.

15. YAHOO!

Kata ini diciptakan oleh Jonathan Swift dan digunakan dalam bukunya 'Gulliver's Travels'. Itu mewakili seseorang yang menjijikkan dalam penampilan dan tindakan dan nyaris tidak manusiawi. Pendiri Yahoo!, Jerry Yang dan David Filo memilih nama itu karena mereka menganggap diri mereka yahoos.

16. MERCEDES

Adalah nama putri si pemilik modal.

17. ADOBE

Ini berasal dari nama sungai Adobe Creek yang mengalir di belakang rumah pendirinya John Warnock.

1 comments:

hahahaha... unik juga ya asal nama-nama perusahaan terkenal ini.

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...